Published On: Wed, Jun 24th, 2009

Tips dan Trik Memilih Road Bike

Tips dan Trik Memilih Road Bike

Zona Sepeda - Road bike yang lebih kita kenal dengan sepeda balap, akhir-akhir ini dengan semakin maraknya penggemar sepeda baik sepeda gunung maupun sepeda balap, Zona Sepeda mencoba memberikan Tips sederhanan dan gambaran bagaimana memilih Road Bike yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tips ini merupakan kelajutan Tips Memilih Jenis Sepeda yang telah diulas zona sepeda.com.

Road bike lebih akrab dikenal dengan sepeda balap, dengan bentuknya yang khas dan fungsinya lebih untuk medan jalan aspal (road).  Roadbike jika telah mengalami modifikasi bisa digunakan untuk medan non aspal (lebih dikenal dengan cyclocross).

Pertanyaannya Bagaimana memilih Roadbike? hal pertama yang paling mendasar menjawab pertanyaan tersebut adalah cost (dana) yang akan kita gunakan, dan yang kedua adalah fungsi sepeda tersebut.

Jika kedua pertanyaan tersebut sudah bisa kita perkirakan selanjutnya adalah memilih frame atau rangka roadbike, kenapa frame begitu penting dalam pemilihan sepeda jenis ini, karena frame (rangka) sepeda merupakan bagian pokok sepeda kita “The Heart Of Bike” pemilihan frame yang salah akan berakibat fatal untuk kenyamanan dalam bersepeda.

Seiring dengan perkembangan tekhnologi dalam pembuatan bahan dasar frame (rangka) sepeda,  dipasaran banyak sekali beredar sepeda dengan bahan dasar frame berupa Carbon (High-Tensile) Steel, Chromoly (Chrome Molybdenum) Steel, Alloy (allumunium), Carbon Fiber dan  Titanium.

Untuk Frame dengan bahan dasar besi (Carbon Stell) dan Chromoly sekarang sudah banyak ditinggalkan karena selain berat bahan ini tidak tahan terhadap karat (korosi), meski sudah lama ditinggalkan frame besi ini masih banyak kita temui karena harganya yang cukup murah dan banyak diburu kolektor sepeda.

Untuk Frame Alloy atau yang lebih kita kenal sebagai Allumunium merupakan jenis frame yang paling banyak dijadikan pilihan karena beratnya yang ringan dan tahan terhadap korosi, frame dengan bahan dasar jenis ini merupakan pilihan untuk Basic Level Bikes (pemula).

Untuk Frame Carbon Fiber banyak digunakan roadbike jenis untuk Mid Level (menengah), frame ini banyak kita temui dipasaran karena harganya yang tidak terlalu mahal dan terlalu ringan.

Titanium Frame merupakan Top Level (atas) biasa digunakan untuk pembalap sepeda profesional, berat frame bisa mencapai hanya 700gr.

Diskripsi diatas merupakan gambaran awal tentang bahan dasar frame, zonasepeda mencoba memberikan gambaran detail untuk masing-masing jenis frame RoadBike.
Carbon (High-Tensile) Steel-besi.
Material yang paling banyak digunakan diframe sepeda yang banyak kita jumpai, keunggulan frame dengan jenis ini kuat tidak mudah patah karena terbuat dari besi, kelemahannya berat dan korosi (karat). Roadbike jika menggunakan jenis ini, pastilah berat frame menjadi bertambah akan tetapi sangat kuat untuk anda yang menggemari endurance (kekuatan).

Chromoly Frame

Chromoly Frame

Chromoly (Chrome Molybdenum).
Lebih ringan dibandingkan dengan High Tensile Steel karena sudah merupakan campuran antara besi dan carbon, frame ini lebih dikenal dengan Chromoly frame. Frame Roadbike jenis ini masuk kategori Basic Levels Bikes, harga termasuk murah dan tahan lama. Lebih Tahan terhadap karat di bandingkan full Steel (besi).

Alloy Frame - Zona Sepeda

Alloy Frame - Zona Sepeda

Alloy (allumunium)
Inilah frame dengan bahan dasar paling banyak di gemari selain harga yang murah, kualitas frame alloy lebih ringan dibanding steel atau chromoly. Roadbike banyak mengaplikasi frame ini. Masuk dalam kategory Mid level (menengah) sudah layak untuk anda yang serius ingin menekuni olahraga roadbike (balapsepeda). Banyak pabrikan sepeda mengkombinasi dengan carbon untuk komponen fork (supensi) depan dan seatpost (dudukan sadle).

Carbon Frame - Specialized Tarmac SL

Carbon Frame - Specialized Tarmac SL

Carbon Fiber
Termasuk Frame kategori Top Level, frame dibuat dengan teliti tiap sambungan antar main tube, side tube dan top tube nyaris tidak terlihat. kelemahan frame dengan bahan dasar tidak sekuat alloy sangat rapuh jika jatuh, pada kondisi ekstrim bisa patah. Banyak pabrikan telah menerapkan tekhnologi monocoque construction lebih dikenal dengan frame dibuat dengan cara dicor.
Pembalap sepeda profesional banyak yang menggunakan frame jenis ini, berat yang sangat ringan menjadi kelebihan frame Carbon Fiber.

Layak dijadikan pilihan bagi anda yang mempunyai dana berlebih, sebanding keuntungan dan kenyamanan memakai roadbike jenis ini.

Titanium Frame - Cervelo Road Bike

Titanium Frame - Cervelo Road Bike

Titanium Frame
Frame dengan bahan dasar Titanium super ringan, produsen sepeda balap (roadbike) italia banyak yang mengaplikasi frame dengan bahan dasar Titanium, harga tergolong sangat mahal. Bagi anda yang ingin mencoba menjadi pembalap profesional frame Roadbike jenis ini layak diperhitungkan.

Diskripsi bahan dasar Frame sepeda diatas bisa dijadikan gambaran awal untuk memilih Roadbike yang anda sukai tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan cost (biaya).

Setelah Frame Terpenuhi barulah kita melihat komponen apakah yang pas dan sesuai dengan kebutuhan roadbike kita. Komponen pada dasarnya dibagi dalam 2 bagian, yaitu grups set dan wheelset.
Grups Set terdiri dari FD, RD, Shifter, BB, CrankSet, Brakes, Sproket dsbnya. Sedangkan wheelset adalah komponen roda terdiri dari rims (pelek), HUB, ban (tire), dsbnya.

Sesuiakanlah ukuran frame dengan tinggi badan anda rata-rata orang indonesia menggunakan ukuran X, XS, S, M, ML dan L, pemilihan ukuran frame sangat berpengaruh pada kenyamanan saat bersepeda dengan road bike. Anda dapat menggunakan Bike Fit untuk menentukan ukuran frame yang sesuai dengan diri anda.

Bawalah hasil ukuran tersebut ke toko sepeda langganan ada dan pilihlah ukuran frame yang sesuai, selain kenyamanan pemilihan ukuran frame yang tepat dapat menghindari cidera. Tentukan anda akan merakit atau membeli fullbike (sesuaikan dengan budget anda).Happy Cyling,

Tips dan Trik Memilih Road Bike

About the Author

-

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. weh helios 300 ono neng foto.. TCR3 ku gak ono wkwkwkkkw

  2. uzi_amstrong says:

    weleh,,,aq pngen yah titanium frame deh..
    tp aq pngen tanya….apakah ada frame yg terbuat antara carbon alloy alumunium,,,,soalnya dosen qu lagi meliti tentang itu kang…..
    gila,,dy pngen bli batngn itu cmn dipotong lalu di teliti….kagak di pake tuh sepedanya…..sayaynk bgtz,,mningn sepeda’y bwt aq…..

Leave a comment

You must be Logged in to post comment.