Published On: Sat, Mar 19th, 2011

Sejarah Sepeda Fixed Gear

Sejarah Sepeda Fixed Gear
Zonasepeda – Fixed Gear atau yang lebih nyaman dengan menyebutnya dengan sepeda Fixie, saat ini sedang trend dikalangan goweser tanah air. Selain untuk alat transportasi dan olahraga saat ini Fixie sudah menjadi gaya hidup diberbagai lapisan masyarakat pencinta sepeda.

Sebenarnya apakah Fixie itu, awal mulanya lebih dikenal dengan Fixed Wheel, berkaitan erat dengan single speed bicycle.

Fixed Gear bicycle atau Fixed Wheel bicycle, kemudian di kenal di USA dengan istilah Fixie. Sebuah alat transportasi sepeda tanpa menggunakan Free Wheel.

Sproket (gear belakang) tanpa free wheel langsung menancap pada fixed Hub. Ketika roda belakang berputar maka pedal akan berputar searah dengan putaran roda belakang. Hal tersebut memungkinkan pengendara sepeda fixie dapat menghentikan laju sepeda tanpa menggunkan Rem (brake).

Untuk menghentikan laju sepeda, pengendara hanya perlu menarik kebelakang berlawanan arah pedal crank, secara otomatis roda akan melambat dan berhenti.

Dalam dunia balap sepeda, fixed gear di gunakan pada kompetisi Track cycling yang biasanya di lakukan di sebuah Velodrome (sebuah lintasan balap yang berbentuk oval tanpa ujung).

Seiring dengan berkembangnya jaman, sepeda fixed tidak hanya digunakan di lintasan Velodrome tapi sudah mulai merambah ke lintasan jalan raya, sebagai alat transportasi harian. Di Amerika sepeda fixie jalan raya awalnya dikenalkan oleh para bicycle messengers.


Meskipun Legalitas Sepeda Fixie diberbagai negara maju masih menjadi pertentangan, hingga saat ini para pengguna Fixed semakin bertambah dan merebak diberbagai negara.

 

Fixie Sebuah alat transportasi yang simple, sehat dan cepat. “Brakeless no problem”.

Sumber (wikipedia)
Sejarah Sepeda Fixed Gear

member id MCI indnesia

About the Author

-

Displaying 3 Comments
Have Your Say
  1. […] Seat tube sepeda fixie yang benar adalah posisi lebih tegak, sedangkan seat stay lebih vertikal, tid…. […]

  2. […] Fixed Gear atau yang lebih nyaman dengan menyebutnya dengan sepeda Fixie, saat ini sedang trend dika… Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. […]

  3. sepeda fixie says:

    Saat di jalan raya, setiap mata akan terusik apabila melihat keindahan warna-warni sepeda fixie, termasuk saya setiap hari minggu pagi selalu disuguhi beraneka warna sepeda yang menghiasi jalan raya, sungguh menakjubkan. Saya jadi tertarik untuk memilikinya 🙂

Leave a comment

You must be Logged in to post comment.