Published On: Thu, Aug 6th, 2009

Kejuaraan Balap Sepeda Asia ke-29 – Tenggarong Kalimantan Timur

Zona Sepeda – Indonesia mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan Kejuaraan Balap Sepeda Asia ke-29 dan Kejuaraan Balap Sepeda Junior Asia ke-16.
Kedua event besar tersebut akan berlangsung di Kalimantan Timur tepatnya di Tenggarong, race akan di gelar mulai tanggal 14 Agustus 2009 hingga 20 Agustus 2009 di Velodrome Kutai Kertanegara Tenggarong Seberang Kalimantan Timur.

Indonesia pernah menjadi Tuan rumah kejuaraan yang sama pada 22 tahun silam, tepatnya pada tahun 1987. Kejuaraan Asia Balap sepeda 2009 ini terselenggara atas kerjasama Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI), Union Cycliste Internationale (UCI) dan Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI).

Suatu kebanggan bagi bangsa indonesia yang pemerintah daerah KutaiKertanegara, apalagi ini merupakan kejuaraan pertama di indonesia dengan menggunakan fasilitas Velodrome tertutup.

Kejuaraan Balap Sepeda Asia ini kemungkinan akan diikuti kurang lebih 600 allit dari 27 negara se-asia. Kejuaran dibagi menjadi 2 kategori atau nomor yaitu Road Race dan Track. Untuk kategori Track diselenggarakan di Velodrome Tenggarong Seberang, untuk kategori Race diselenggarakan di Samarinda.

Saat berita ini diturunkan para pembalap peserta sudah mulai berdatangan sejak hari senin (03/08). Peserta dari luar juga sudah mulai berdatangan diantaranya para pembalap dari Iran dan Singapura, para juga peserta sudah mulai mencoba lintasan.

Wakil Ketua Umum PB ISSI Sofyan┬áRuzian mengatakan Tim nasional akan menurunkan 30 pembalap untuk memenuhi target meraih medali emas di ajang Kejuaraan Asia tersebut. “Pembalap yang akan ditampilkan di kejuaraan Asia itu, 12 diantaranya merupakan pembalap sepeda yang ada di Program Atlet Andalan (PAL),” ujar Sofyan Ruzian di Jakarta, Kamis.

Ruzian menegaskan, hingga kini pembalap yang menyatakan hadir ke Kaltim datang dari 26 negara. Sedang pembalap asal China yang sudah memberikan konfirmasi keikutsertaannya ditunggu untuk memasukkan daftar nama atletnya.

Para pembalap nasional yang akan diturunkan dalam kejuaraan Asia itu sampai saat ini masih ditempa di Jakarta dan Jawa Barat, serta sebagian di Tenggarong. Menjelang hari H-nya, para pembalap tersebut langsung berkumpul di Kaltim untuk tampil dalam pertandingan.
Ruzian melanjutkan, meski para pembalap yang dipromosikan ke kejuaraan Asia berlatih di tiga tempat, namun pengawasan tetap dilakukan oleh PB ISSI.

Organisasi Balap Sepeda Dunia (UCI) juga melakukan pemantauan di Velodrome dan ajang road Race di Tenggarong. Dengan adanya UCI hadir di Tenggarong setidaknya sudah mendapat legalitas dari UCI.

Bagaimanakah target para pembalap Indonesia di ajang tersebut, Sofyan Ruzian mengatakan bahwa tim Indonesia akan berusaha sekuat tenaga untuk memberikan yang terbaik. Hal itu yang membuat PB ISSI tidak gegabah memberikan target pada atletnya meski sudah melakukan latihan intensif di Program Atlet Andalan.
Namun ia optimistis medali emas bisa diukir melalui atlet putri Shantia Trikusuma yang sukses meraih medali emas di Piala Asia di Jepang, bulan lalu.

Sumber :
antaranews.com
kutaikartanegara.com

Semoga Kejuaraan Balap Sepeda Asia tersebut akan berlangsung aman dan tertib, para pembalap Nasional dapat mengukir prestasi yang membanggakan di ajang tersebut.
Zonasepeda mendapatkan info dari salah satu ridernya Supandito, bahwa pembalap sepeda dari Yogykarta Nurhayati juga ikut andil dalam Kejuaran Asia tersebut. Happy cycling,

About the Author

-

Leave a comment

You must be Logged in to post comment.