Published On: Wed, Aug 5th, 2009

Sepeda Balap – Juara Tour de France 2009

Sepeda Balap – Juara Tour de France 2009
Zona SepedaTour de France 2009 telah usai, 21 Stage yang diperlombakan dilibas habis oleh pembalap-pembalap dunia. Alberto Contador pembalap sepeda asal Spanyol dari Team Astana sebagai pemenangnya.
Yellow Jersey berhak disandangnya, Alberto Contador telah mengantongi Gelar Yellow Jersey (Malliot-June) sebanyak 2 kali. Seperti apakah sepeda yang digunakan Alberto Contador pada Tour de France 2009, zonasepeda.com kali ini menampilkan sepeda Juara Tour de France 2009 “TREK MADONE SERIES 6 “.

Secara keseluruhan Trek Bike sudah mengantongi 9 kali gelar Tour de France, 7 gelar dari legenda Tour de France Lance Armstrong dan 2 gelar dari Alberto Contador.

Pada Tahun 2007 Contador menjuarai Tour de France dengan mengedari sepeda Trek Madone, tahun ini 2009 kembali Alberto Contador meraih gelarnya yang sempat lepas dari tangan Carlos Sastre. Dengan Desain Trek Madone 2007 dengan penyesuaian dibeberapa bagian Trek Madone 6 series 2010 benar-benar merajai Tour de France 2009.

Trek Madone 6 Series - Foto Trekbike.com

Trek Madone 6 Series - Foto Trekbike.com

Spesifikasi Trek Madone standart yang beredar dengan fitur sebagai berikut :
1. Frame:OCLV Red Carbon, DuoTrap compatible
2. Fork:Bontrager Race XXX Lite w/E2 full carbon steerer
3. Wheels: Bontrager Aeolus 5.0
4. Gruppo: Shimano Dura-Ace
5. Harga : $8609.99

Apakah yang membuat istimewa dari sepeda Trek Madone 6 series yang dipakai Juara Tour de France 2009 Alberto Contador dengan Trek Madone yang beredar dipasaran :
1. Custom Paint Scheme
2. GrupSet SRAM Red
3. Sentuhan Tersendiri mekanik pribadi Contador yaitu Faustino Munoz

Jika dilihat sekilas Madone tunggangan Contador terlihat sederhana dengan cat hitam dan putih dengan sedikit tambahan warna pink kuning, dan kuning keemasan. Mungkin tiga warna tersebut menggambarkan 3 Tour terbesar yang pernah dimenangkan oleh Alberto Contador (France, Italia dan Spanyol). Tidak hanya tiga warna tersebut vinyil (ornamen) pada Trek Madone 6 series Contador di hiasi ornamen simbol pistol. Simbol Pistol memang lekat dengan contador, tiap kali contador naik podium dalam setiap kejuaraan, contador pastilah melipat jari tangan kanannya menyerupai pistol.

Secara keseluruhan komponen yang digunakan Contador tidak jauh berbeda dengan pembalap lain yang ada di Team Astana, rekan satu team Contador juara TDF 7 kali lance Armstrong menggunakan komponen yang sama hanya corak pada frame Trek Madone series 6 Lance terlihat lebih meriah dan cerah.

Faustino Munoz - Foto bikeradar.com

Faustino Munoz - Foto bikeradar.com

Sentuhan dari mekanik pribadi Alberto Contador yaitu Faustino Munoz juga membuat Trek Madone Series 6 berbeda dengan Trek yang digunakan rekan-rekan satu teamnya.
Faustino Munoz merupakan mekanik profesional, selama kurang lebih 30 tahun telah menjadi mekanik andalan diberbagai team. Contador mempercayakan Munoz untuk mempersiapkan sepedanya di semua event dunia yang dia ikuti.
Munoz sangat memperhatikan persiapan sepeda Alberto Contador, Munoz terkenal sebagai mekanik yang sangat memperhatikan Bearing (laher) terutama dibagian BB (Buttom Bracket).

Buttom Bracket Trek Madone - Foto bikeradar.com

Buttom Bracket Trek Madone - Foto bikeradar.com

Pada ajang balap sepeda dunia penggunaan Bearing dengan bahan dasar keramik bukan lagi hal yang aneh, hampir semua pembalap dan mekanik pada Tour sebesar Tour de France 2009 menggunakannya.
Faustino Munoz juga tidak ketinggalan dengan menggunakannya pada senjata andalan Contador Trek Madone series 6.
Munoz menggunkan Enduro’s speedy ZERØ hybrid cartridges pada bagian bearing, dan dikemas secara sempura oleh Trek Bike dan SRAM.

Munoz sangat memperhatikan bagian bearing BB (Buttom Bracket) terutama untuk mengurangi gesekan ketika Bearing mulai bekerja, pekerjaan tambahan pada bagian ini dikerjakan bersama dengan sponsor yaitu Trek dan SRAM. Trek sebagai sepeda yang langsung berkaitan dengan rumah BB dan SRAM sebagai komponen Crankset. Tidak hanya itu Faustino Munoz juga memperhatikan efeft bandul ketika rantai dilepas dari Chainring (Gir depan).

Chain, Seat Stay, Cassete, RD Trek Madone 6 Series Contador - Foto bikeradar.com

Chain, Seat Stay, Cassete, RD Trek Madone 6 Series Contador - Foto bikeradar.com

Bagian rantai (chain) tidak luput dari perhatian Munoz, setelah rantai dibersihkan Munoz memberikan Sapim’s mid-weight Race Oil (minyak khusus)

Alberto Contador terkenal sebagai pembalap tipe climber (tanjakan), Trek Madone series 6 sangat ringan tapi masih memenuhi regulasi yang di terapkan UCI (organisasi olah raga sepeda dunia) Total bobot Trek Madone series 6 yang digunakan Alberto Contador adalah 6.80kg.

Seat Tube Trek Madone 6 Series Alberto Contador - Foto bikeradar.com

Seat Tube Trek Madone 6 Series Alberto Contador - Foto bikeradar.com

Satu hal yang sangat mengejutkan, jika bobot sepeda salah satu pembalap Astana tidak masuk dalam regulasi UCI,  para mekanik Astana menggunakan solusi yang cukup unik, yaitu dengan memasukan pemberat pada pada seat tube (dudukan sadle) berupa ‘chain links’.

Pemberat Seat Tube - Foto bikeradar.com

Pemberat Seat Tube - Foto bikeradar.com

Modifikasi-modifikasi khusus pada sepeda Trek Madone series 6 mengantarkan Alberto Contador meraih gelar Tour de France 2009, mungkin sepeda Contador bukan sepeda terbaik diajang Tour de France kembali pada peribahasa klasik ” Man Behind The Gun” atau dalam bahasa kita “yang penting dengkulnya bung !!”.

Sebentar lagi Tour Irlandia dan Vauleta de Espana segera dimulai,  apakah tekhnolgi baru yang digunakan pada 2 event besar tersebut. Ikuti terus reviews, news dan tips dan trik di zonasepeda.com. Happy Cycling,
Sepeda Balap – Juara Tour de France 2009

About the Author

-

Leave a comment

You must be Logged in to post comment.